Nasa membuat tas ajaib mengubah air kencing layak diminum

Lagi-lagi Nasa menciptakan perangkat baru dan selalu menjadi sesuatu yang bikin sensasi bagi kita yang begitu awam terhadap tehnologi,hehe...itu ngomongin saya lho!Belum lama ini para insinyur Nasa membuat tas ajaib osmotik yang bisa...bim salabim...mengubah air kencing menjadi air bersih yang bisa diminum kembali. Mungkin anda tetap merasa jijik biarpun itu sudah diteliti dan lulus sensor dari bakteri yang membahayakan atau sudah steril. Tapi bagaimana ya prosesnya kok tas osmotik tersebut bisa mengubah urine menjadi aqua hehe...maaf menyebut merek meskipun tidak bermaksud promosi. Mari kita simak penjelasan berikut...

Tas osmotik, FOB(Forward Osmosis Bag)bekerja berdasarkan prinsip dasar osmosis maju yaitu menyaring racun melalui membran semi-permeable(berpori) dan mengkonsentrasikan larutan gula. Saat kita memasukkan urine ke dalam tas, lambat laun urine akan melalui lapisan dalam yang berisi larutan gula. Dan racun akan tertinggal bersamaan saat cairan melalui bagian luar ke bagian dalam lapisan tas. Namun kayaknya masih diragukan apakah semua racun bisa sempurna disaring oleh tas osmotik,tapi itu emang dirancang untuk penggunaan darurat para awak Nasa saat kesulitan mencari air minum di ruang angkasa sana.


Nah begitu ceritanya...berani mencoba untuk membuktikkannya? Kalo saya sih,wong disini aja masih banyak air bersih setidaknya air kotor tapi bukan air kencing....jadi belum jadi pemikiran yang begitu kita perhatikan. So,sobat mari kita jaga ketersediaan air bersih di lingkungan kita,di tanah air tercinta kita yang sangat melimpah tersedia semua kebutuhan terutama air. Karena air merupakan asal usul kita dan pada akhirnya semua akan bisa hidup lagi menggunakan air...Klo blum paham cari di kamus masing-masing ya maknanya...Ok see u next time..

0 comments:

Post a Comment