Mungkinkah Buah Meningkatkan Alergi?

Buah-buahan dianggap sebagai makanan penting untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sejumlah vitamin, mineral dan serat yang terkandung dalam buah-buahan dianggap sebagai obat terbaik mengatasi kekurangan gizi.

Pada beberapa kondisi tubuh bisa mengembangkan intoleransi terhadap buah-buahan, menurut Dr Sanjeev Khanna dan Dr Sandeep Kadam. Dua pakar kesehatan ini menyatakan buah juga bisa memicu alergi, seperti dikutip dari laman Times of  India

"Jangan terkejut. Tubuh manusia dikenal memiliki atau bisa mengembangkan toleransi terhadap sejumlah makanan, termasuk buah-buahan. Alergi buah yang pernah dilaporkan, seperti pepaya, anggur, bahkan apel. Reaksinya bisa langsung atau tidak, tergantung pada intensitas intoleransi.



Alergi buah dapat terjadi akibat beberapa alasan. Yaitu:
1. Inveksi virus
2. Perubahan cuaca

Infeksi tertentu dapat menyebabkan kandungan gula dalam buah atau fruktosa tidak terserap. Akibatnya, tubuh mengalami intoleransi terhadap kondisi ini. Dan perubahan cuaca misalnya padamusin penghujan kita dilarang untuk banyak mengkonsumsi buah jeruk dan anggur . Pada cuaca yang bikin tubuh rentan mengalami infeksi, buah-buahan tertentu bisa memperburuk kondisi.

Gejala yang ditimbulkan saat mengalami alergi buah biasanya diare, muntah, mual, pembengkakan pada tenggorokan, bibir bengkak, gatal-gatal, ruam dan kulit kemerahan. Dalam kasus ekstrim, dapat memicu reaksi asma, atau lebih buruk lagi, bahkan menyebabkan kematian.

Solusi terbaik, tetap mengonsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda. Namun, jika Anda alergi terhadap buah tertentu, cari buah lain yang memiliki kandungan gizi sama agar nutrisi Anda tetap bisa terpenuhi. Selain itu, Anda juga dapat menggantikan buah dengan sayuran.

0 comments:

Post a Comment